Buku Panduan Evaluasi Smp Kurikulum 2013 Dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Wacana Standar Evaluasi Pendidikan

Berikut ini ialah berkas Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Download file dalam format PDF. Berkas ini mudah-mudahan mempunyai kegunaan sebagai rujukan ditujukan untuk Guru di SMP (SMP) dan sederajat.

Dalam Panduan ini anda bisa melihat beberapa contoh format penilaian dalam lampiran diantaranya Program Tahunan, Program Semester, Alokasi Waktu, Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Model Rapor Satu KKM, Model Rapor Multi KKM, Model Rapor SKS Satu KKM, Model Rapor SKS Multi KKM.

 Berikut ini ialah berkas Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum  Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013

Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Berikut ini sekilah wacana isi Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013:

Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-­hal berikut.
  1. Merencanakan, membuatkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
  2. Menganalisis dan menyusun laporan,  termasuk mengisi rapor serta me­manfaatkan hasil penilaian.
  3. Menerapkan aktivitas remedial bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM, dan aktivitas pengayaan bagi akseptor didik yang telah mencapai ke­ tuntasan mencar ilmu minimal.
  4. Melaksanakan supervisi penilaian. 
Panduan ini diperuntukkan terutama bagi:
  1. pendidik SMP sebagai pedoman dalam merencanakan, melaksanakan pe­nilaian, mengolah, memanfaatkan hasil penilaian, dan menyusun rapor;
  2. kepala sekolah dan pengawas untuk  merancang aktivitas supervisi pendi­dikan yang berkaitan dengan penilaian oleh pendidik di sekolah;
  3. pihak-­pihak lain yang terkait dengan penilaian pencapaian kompetensi akseptor didik.
Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik. Pengumpulan gosip tersebut ditempuh melalui aneka macam teknik penilaian, memakai aneka macam instrumen, dan berasal dari aneka macam sumber. Penilaian harus  dilakukan secara efektif. Oleh alasannya ialah itu, meskipun gosip dikumpulkan sebanyak­banyaknya dengan aneka macam upaya, tapi kumpulan gosip tersebut tidak hanya lengkap dalam memperlihatkan gambaran, tetapi juga harus akurat  untuk  menghasilkan keputusan.

Pengumpulan gosip pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta mekanisme analisis sesuai dengan karakteristiknya masing-­masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh akseptor didik. Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus  merumuskan sejumlah indikator sebagai contoh penilaian. Pendidik atau sekolah juga harus memilih kriteria untuk menetapkan seorang akseptor didik su­ dah mencapai KKM atau belum.

Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil mencar ilmu tetapi juga pada proses belajar. Peserta didik juga mulai dilibatkan dalam proses penilaian terhadap dirinya sendiri sebagai sarana untuk berlatih melaksanakan penilaian diri. Di ba­wah ini diuraikan secara singkat aneka macam pendekatan penilaian, prinsip penilaian, serta penilaian dalam Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Hal penting yang harusdiperhatikan saat melaksanakan penilaian dalam Kurikulum 2013 ialah KKM, remedial, dan pengayaan.

Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM ialah kriteria ketuntasan mencar ilmu yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan, mempertimbangkan karakteristik akseptor didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. Dalam menetapkan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama antara Kepala Sekolah, pendidik,  dan tenaga kependidikan lainnya. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek: karakteristik akseptor didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.

Setelah KKM ditentukan, capaian pembelajaran akseptor didik sanggup dievaluasi ketuntasannya. Peserta didik yang belum mencapai KKM berarti belum tuntas, wajib mengikuti aktivitas remedial,  sedangkan akseptor didik yang sudah mencapai KKM dinyatakan tuntas dan sanggup diberikan pengayaan.

Penilaian sikap merupakan kegiatan untuk mengetahui kecenderungan sikap spiritual dan sosial akseptor didik dalam kehidupan sehari­hari, baik di dalam maupun di luar kelas sebagai hasil pendidikan. Penilaian sikap ditujukan untuk mengetahui capaian/perkembangan sikap akseptor didik dan memfasilitasi tumbuhnya sikap akseptor didik sesuai butir­ butir nilai sikap dari KI­1 dan KI­2.

Penilaian pengetahuan ialah proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi akseptor didik yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif (kecakapan berpikir) meng­ingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi dengan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, maupun metakognitif.

Penilaian keterampilan ialah penilaian yang dilakukan untuk menilai kemampuan akseptor didik menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu di aneka macam macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan sanggup dilakukan dengan aneka macam teknik, antara lain penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Teknik penilaian keterampilan yang dipakai dipilih sesuai de­ ngan karakteristik KD pada KI­4.

Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan ini mungkin bermanfaat juga bagi anda yang membutuhkan rujukan yang bekerjasama juga denganlampiran permendikbud no 23 tahun 2016, lampiran permendikbud no 23 tahun 2016 pdf, permendikbud no 24 tahun 2016 pdf, permendiknas no 24 tahun 2016, lampiran permendikbud no 23 tahun 2016 wacana standar penilaian, lampiran 1 permendikbud no 23 tahun 2013, download permendikbud no 23 tahun 2016, lampiran permendikbud 23 tahun 2016 dan lain-lain.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan:



    Download Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Format PDF

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas ini silahkan lihat pada pratinjau atau file preview di bawah ini:

    Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013



    Download File:
    Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013.pdf
    Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.pdf
    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku Panduan Evaluasi Smp Kurikulum 2013 Dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Wacana Standar Evaluasi Pendidikan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel